Museum Indonesia yang Seru Untuk Dikunjungi

 

tigakelinci

Rekomendasi wisata disetiap daerah memiliki pesona masing - masing untuk mengenal berbagai budaya ,bahasa dan kebiasaan suatu daerah dan mengamati sembari menikmati keindahan pesona wisata yang di sajikan suatu daerah , tanpa meninggal kecuali jejak tanpa mengambil kecuali kenangan dan foto,dapat kita simpan disosial media jaman sekarang untuk dikenang masa mendatang, kita hanya memberi beberapa info wisata.


Museum Indonesia yang Seru Untuk Dikunjungi - Museum Indonesia tidak hanya tempat penyimpanan benda-benda dan koleksi foto peristiwa-peristiwa bersejarah, akan tetapi museum Indonesia juga memiliki segudang cerita yang belum banyak diketahui. Museum menjadi salah satu tempat penuh pengetahuan dan peradaban yang bersejarah. Di dalamnya pun tersimpan berbagai aneka peninggalan yang sarat akan ilmu pengetahuan baru. Sudah selayaknya jika sebuah museum dapat memberikan banyak manfaat positif, termasuk membuka wawasan terkait sejarah negara, seni dan ilmu-ilmu lainnya.

Setiap tanggal 18 Mei pun diperingati sebagai Hari Museum Internasional. Peringatan ini pertama kali digagas pada tahun 1977 oleh International Council of Museums (ICOM). Tujuannya untuk mendorong kesadaran publik terhadap peran museum dalam pengembangan kehidupan masyarakat. Kita sebagai masyarakat modern pun dapat mempelajari peradaban budaya dan sejarah dari apa yang kita jalani saat ini dari museum Indonesia.

Selain kita bisa mengenal sejarah lebih dalam, berfoto-foto di spot instagenic, kita juga gak akan kepanasan saat jalan-jalan. Kira-kira museum mana saja sih yang bisa kamu kunjungi 

🚗  🚗 Museum Angkut, Batu 🚗  🚗 
Museum Angkut yang berada di Kota Batu, Malang adalah salah satu destinasi yang menarik kalau kamu mengunjungi Kota Malang, Jawa Timur. Berada di daerah bukit yang ada di Kota Batu, Museum Angkut menyuguhkan lebih dari 300 jenis koleksi angkutan tradisional hingga angkutan modern dari seluruh pelosok dunia serta menjadi museum bertema transportasi pertama di Asia. 

Di Museum Angkut, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah dan perkembangan transportasi di dunia dengan cara yang menyenangkan. Salah satu museum terpopuler di Indonesia ini menyimpan banyak koleksi jenis transportasi, mulai dari sepeda onthel hingga mobil balap F1. Penataan transportasinya diletakkan dan dihias sesuai dengan lokasi asalnya, seperti misalnya bagian museum yang bertema kerajaan Inggris.

🚗  🚗 Museum Nasional Indonesia, Jakarta 🚗  🚗 
Museum yang berada di pusat ibu kota Jakarta ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Museum ini juga sering dikenal sebagai Museum Gajah, karena adanya patung gajah perunggu pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Museum bergaya Eropa ini menyimpan sekitar 141 ribu benda-benda sejarah dan prasejarah dari berbagai periode.

🚗  🚗 Museum Fatahillah, Jakarta 🚗  🚗 
Museum Fatahillah yang memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta terletak di kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Taman Fatahillah, Jakarta Barat. Bangunan ini dahulu kala merupakan balai kota Batavia. 

Salah satu museum terpopuler di Indonesia ini menyimpan 23.500 koleksi barang bersejarah, baik dalam bentuk benda asli maupun replika. Arsitektur bangunannya yang bergaya neoklasik dengan tiga lantai dengan kusen pintu dan jendela dari kayu jati berwarna hijau tua membuat bangunan ini sangat fenomenal dan megah pada masanya dan masih dipertahankan terhadap bentuknya hingga saat ini.

🚗  🚗 Museum Bajra Sandhi Renon/ Monumen Bajra Sandhi Renon, BALI 🚗  🚗 
Arsitekturnya yang terlihat sangat kental dengan gaya tradisional Bali menjadi salah satu monumen kebanggaan masyarakat Bali. Monumen Bajra Sandhi Renon ini didirikan sebagai dedikasi terhadap perjuangan rakyat Bali. Anda dapat melihat berbagai jenis foto dan lukisan perjuangan rakyat Bali dari waktu ke waktu.

Monumen ini terletak di lapangan Niti Mandala Renon yang merupakan kawasan untuk berolahraga bagi masyarakat Bali atau bahkan sekedar menikmati suasana sore hari. Letaknya yang berada di jantung kota Denpasar membuat monumen ini tidak pernah sepi pengunjung.

🚗  🚗 Museum Blanco Renaissance, Ubud 🚗  🚗 
Bali tidak hanya jadi tempat hangout yang asyik, tapi juga tempat yang kental dengan karya seninya. Salah satunya adalah Museum Blanco Renaissance, yang didirikan oleh Antonio Blanco, seniman keturunan Spanyol.

Antonio telah berkeliling dunia demi mendalami pengetahuannya mengenai kesenian. Hingga pada akhirnya dia berhenti di Bali pada 1952. Di dalam museum ini, terdapat berbagai macam karya lukisan yang pernah Antonio buat, sebelum meninggal dunia pada 1999.

🚗  🚗 Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta 🚗  🚗 
Terletak di Kabupaten Sleman, museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan peninggalan Jawa Kuno dari para bangsawan semasa Dinasti Mataram. Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa "ulating blencong sejatine tataraning lumaku", yang artinya "nyala lampu blencong (wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan".

🚗  🚗 Museum Batik Danar Hadi , Solo 🚗  🚗 
Beralih ke kota Solo, kota yang identik dengan budaya Jawa dan tak lepas dari kesenian batik. Kota Solo memiliki Museum Batik Danar Hadi yang tentunya khusus mengoleksi berbagai jenis batik. Di dirikan sejak tahun 1967, Museum Batik Danar Hadi memiliki banyak koleksi batik mulai dari batik lokal dari berbagai daerah di Indonesia, sampai batik-batik antik yang dibuat semasa penjajahan Belanda dan Jepang.

🚗  🚗 Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh 🚗  🚗 
Ini merupakan museum simbolis yang dibuat sebagai rasa hormat atas kejadian bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 lalu. Museum ini sekaligus menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat, jika terjadi bencana serupa lagi. Dirancang oleh Ridwan Kamil, bangunan ini memiliki ruangan yang ditujukan untuk menghormati para korban tsunami dengan memajang nama mereka di seluruh dinding.

🚗  🚗 Museum Siwalima, Ambon 🚗  🚗 
Museum ini terletak di Teluk Ambon, yang membuat tempat ini semakin eksotis. Siwalima berasal dari kata 'siwa' diambil dari kata Ulisiwa yang artinya sembilan dan 'lima' diambil dari Patalima yang artinya lima. Ribuan koleksi mengenai kelautan, geologi, biologika, dan masih banyak yang lainnya dari Maluku ada di dalam sini.

🚗  🚗 Museum House of Sampoerna, Surabaya 🚗  🚗 
Bangunan yang dulunya merupakan gedung pentas ini dimiliki oleh manufaktur rokok terbesar di Indonesia, Sampoerna. Di dalamnya, kamu akan menemukan kumpulan rokok-rokok dari pertama kalinya dibuat hingga rokok modern masa kini.

Dari lantai dua, kamu bisa melihat proses bagaimana rokok dibuat dari pabrik Sampoerna yang terletak di sebelahnya. Tidak hanya museum, tapi tempat ini juga menyediakan kafe bagi kamu yang lelah berkeliling.

🚗  🚗 Museum Geologi, Bandung 🚗  🚗 
Bagi kamu yang tertarik dengan dinosaurus dan fosil zaman purba, maka museum satu ini cocok untukmu. Bangunan ini dulunya dijaga oleh JICA Jepang (Japan International Coorperation Agency). Diresmikan pada 23 Agustus 2000, Museum Geologi dijadikan tempat untuk keperluan penelitian dan pendidikan.

Sejumlah koleksi dan materi ada di sini, utamanya berkaitan dengan dunia geologi seperti bebatuan, fosil, dan mineral serta kondisi natural alam. Misalnya seperti bencana alam hingga pemanfaatan sumber daya bumi.

🚗  🚗 Museum Rekor Indonesia, Semarang 🚗  🚗 
Lebih dikenal dengan nama MURI, museum yang terletak di Semarang ini telah mencatat dan menyimpan sekumpulan rekor-rekor yang telah berbagai orang Indonesia lakukan.

Sejak diresmikan pada 1990, antusias orang Indonesia untuk memecahkan rekor semakin meningkat, baik dalam skala nasional maupun internasional. Kamu yang ingin memecahkan sejarah juga, bisa cek rekor-rekor yang sudah ada di museum ini.

🚗  🚗 Museum Anak Kolong Tangga, Yogyakarta 🚗  🚗 
Ini merupakan museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dibangun pada 2 Februari 2008 oleh Rudi Corens, Museum Anak Kolong Tangga ini merupakan 'kekhawatiran' terhadap anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan budaya serta tradisi mereka di zaman now ini.

Kebanyakan mainan yang dikoleksi museum ini berasal dari era 90-an. Lebih dari 16 ribu koleksi mainan, buku cerita, gambar, baik dari dalam negeri dan berbagai negara lainnya ada di sini. Cocok banget buat kamu yang ingin bernostalgia masa kecilmu.

🚗  🚗 Museum Pasifika , Bali 🚗  🚗 
Museum Pasifika didirikan sebagai lembaga untuk memamerkan karya seni etnis yang ada di kawasan Asia Pasifik hingga Asia Tenggara. Didirikan sejak tanggal 8 Agustus 2006, oleh pria berkewarganegaraan Prancis yang bermukim di Indonesia, Philippe Augier, museum ini memiliki koleksi 700 lukisan dan 400 patung seni. Tak heran jika museum ini disebut sebagai The Largest Asia Pacifict Art Museum.

Itulah rekomendasi destinasi wisata museum terbaik yang bisa Anda kunjungi. Selain berbagai museum populer di atas, masih banyak sekali museum keren di Indonesia yang bisa kamu jelajahi!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Menarik di Vietnam part I

Backlink Memberikan Informasi RTP Slot Gacor Hari ini

Tempat Wisata Menarik di Vietnam part II